Cara Meresponi Keberhasilan Dan Kegagalan

Filipi 4:10-21:0
Aku sangat bersukacita dalam Tuhan, bahwa akhirnya pikiranmu dan perasaanmu bertumbuh kembali untuk aku. Memang selalu ada perhatianmu, tetapi tidak ada kesempatan bagimu. Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Namun baik juga perbuatanmu, bahwa kamu telah mengambil bagian dalam kesusahanku. Kamu sendiri tahu juga, hai orang-orang Filipi; pada waktu aku baru mulai mengabarkan Injil, ketika aku berangkat dari Makedonia, tidak ada satu jemaatpun yang mengadakan perhitungan hutang dan piutang dengan aku selain dari pada kamu. Karena di Tesalonikapun kamu telah satu dua kali mengirimkan bantuan kepadaku.

Tetapi yang kuutamakan bukanlah pemberian itu, melainkan buahnya, yang makin memperbesar keuntunganmu. Kini aku telah menerima semua yang perlu dari padamu, malahan lebih dari pada itu. Aku berkelimpahan, karena aku telah menerima kirimanmu dari Epafroditus, suatu persembahan yang harum, suatu korban yang disukai dan yang berkenan kepada Allah. Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. Dimuliakanlah Allah dan Bapa kita selama-lamanya! Amin.

Keberhasilan adalah kemampuan untuk menanggung segala kondisi hidup, apapun itu bentuknya keberhasilan membutuhkan usaha yang kadang melalui proses yang rumit, kompleks dan memerlukan konsistensi dari orang yang mengupayakannya. Orang bisa merasa kuat karena dia pernah mengalami kelemahan demikian juga dengan keberhasilan. Keberhasilan diraih bukan tanpa pernah mengalami kegagalan. Ada pepatah mengatakan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Bagaimanakah agar keberhasilan dapat kita raih?

Tidak ada satupun di dunia ini yang terjadi secara kebetulan. Kalau Anda sedang berhasil, hal itu bukan kebetulan tetapi juga kalau Anda sedang gagal, itupun ada dalam proses dan ijin Tuhan. Tetapi yang menjadi masalah adalah bagaimana bisa merespon kedua hal ini pada porsinya masing-masing? Firman Tuhan mengatakan, “Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan,  baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.” (ayat 12). Ketidaktepatan dalam memaknai keberhasilan akan menjerumuskan orang, demikian juga dengan kegagalan akan menghancurkan orang yang mengalaminya. Orang yang berhasil tetapi tidak bisa memaknai keberhasilannya bisa menjadikan orang tersebut sombong karena merasa bahwa dirinya mampu. Demikian juga dengan orang yang sedang mengalami kegagalan, kalau tidak bisa mengatasi kegagalan secara benar cenderung untuk mengasihi diri sendiri dan tidak mengerti bahwa dalam setiap kegagalan adalah suatu proses yangs semua orang akan lalui dan ada suatu pesan bahwa kita akan dibawa kepada suatu hal yang lebih baik.

Ketidaktepatan dalam merespon keberhasilan dan kegagalan melahirkan pengaruh negatif dalam kehidupan seseorang yang berarti juga “kegagalan hidup”. Tetapi kalau Anda bisa meresponnya secara tepat dan benar, kedua hal itu akan membentuk Anda menjadi pribadi yang berkualitas, sukses, dan berhasil. Orang yang berhasil selalu mengalami suatu kesempatan di mana dia pernah juga gagal. Tetapi dia masuk kategori berhasil, karena bisa memaknai kegagalan itu sebagai “suatu kendaraan untuk berhasil”.

Apapaun yang anda miliki dan situasi apapun yang anda hadapi dalam hidup anda, Milikilah Rrespon yang benar dalam menghadapi Keberhasilan dan kegagalan, karena itu akan membentuk dan memperkaya hidup anda menjadi seorang yang berhasil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s